Minggu, 11 Desember 2011

Proverbia Latina

Proverbia Latina: Pepatah-pepatah Bahasa Latin B.J. Marwoto dan H. Witdarmono.2004 (cetak II: 2006).376.ISBN: 976-709-154-6

Dalam setiap bahasa, pepatah mempunyai peran sangat penting. Tidak hanya makna yang terkandung di dalamnya, tetapi juga menunjukkan kualitas dan ekstensitas sumber daya manusia. Di dalam setiap pepatah selalu hadir nilai-nilai humaniora, nilai-nilai etika, nilai-nilai moral, bahkan nilai religiositas. “Kalau takut dilimbur pasang jangan berumah di tepi pantai” mengisyarakatkan agar kita berani menghadapi setiap tantangan-hambatan-kesulitan-cobaan.

Proverbia Latina: Pepatah-pepatah Bahasa Latin yang ditulis oleh B.J. Marwoto dan H. Witdarmono menambah khazanah pepatah dalam berinteraksi sosial. Sebab, pepatah mampu menyederhanakan sebuah sikap-nilai-prinsip-ajaran sehingga mudah dicerna. Membaca dan merefleksikan pepatah berarti berkemampuan memahami tatanilai baru, paradigma baru, sikap baru, dan orientasi baru.

Hal itulah yang mendasari penyusun menghadirkan Proverbina Latina. Diawali dengan petunjuk penggunaan Buku: mengingat bahasa latin menjadi induk bahasa dan tidak lagi diajarkan sekolah-sekolah umum. Tersusun secara alfabetis, dengan huruf tebal (bold) disertai penjelasan atau pengartian dan pengertian dengan dicetak miring (italic). Dan, yang menarik disodorkan sebuah pengartian dan pengertian bebas. Pengartian dan pengertian yang kontekstual.

Kelebihan Proverbina Latina dibandingkan dengan buku-buku kumpulan pepatah adalah lengkapnya referensi dan perihal kebahasaan bahasa latin.

Lengkapnya referensi terindikasikan dengan adanya latar belakang baik berkait dengan sejarah maupun tokoh yang menggunakannya. Di samping itu, tersodorkan pula sinonim-sinonim atau bentuk-bentuk pepatah lain dalam konteks dan problematika yang mirip.

Berkait dengan kebahasaan bahasa latin kita disodori pengetahuan dasar bahasa latin. Pertama, tentang deklinasi yang menjadi ciri khas bahasa latin untuk semua kata benda. Artinya, bentuk kata benda akan berubah berkait dengan konteks pemakaiannya. Kedua,konyugasi yakni perubahan kata kerja baik karena pelaku (dalam bahasa Perancis juga kita temukan). Adanya index sangat membantu untuk mencari hal-hal yang kita perlukan.

Buku yang sangat menarik untuk guru bahasa, siswa, mahasiswa, bahkan mereka yang berkecimpung dalam pencerdasan-pemberdayaan-pencerahan. Pun sangat penting untuk para penulis baik penulis tetap maupun penulis lepas.
Diterbitkan di: 25 Nopember, 2011

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/linguistics/2232650-proverbia-latina-pepatah-pepatah-bahasa/#ixzz1gHAQ5ka4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI : 104 PAHLAWAN NASIONAL ROBERT WOLTER MONGISIDI

Robert dilahirkan di Malalayang< Manado,   anak ke-4 dari Petrus Mongisidi dan Lina Suawa,   14 Februari 1925. Panggilan akrab Robert...