Minggu, 11 Desember 2011

Anne Frank

Tahun 1958 terbitlah buku Anne Frank. Begitu terbit buku itu sangat diminati sehingga langsung diterjemahkan dalam 20 bahasa. Judul buku diambil dari nama penulisnya, Anne Frank.

Anne Frank adalah seorang gadis, 14 tahun, yang bersembunyi disotong rumah hmapir 4 tahun. Anne bersembunyi bersama orang tuanya. Mereka terpaksa mengungsi karena kebengisan Nazi terhadap kaum Yahudi. Dan, dalam pengungsian itulah Anne Frank menuliskan kegelisahan, ketakutan, kekhawatiran, kecemasan, kerinduan, harapannya dalam buku harian. Seluruh perasaan tercurahkan dalam lembar-lembar yang rapi lengkap dengan hari, tanggal, bulan, dan tahun. Seekor kucing yang bernama Kittie menjadi sahabat ’curhatnya’.

Anne Frank sendiri tidak merasakan ’nikmatinya’ menjadi penulis besar. Sebab, bersama ibu dan kakaknya Anne Frank meninggal dalam kebengisan ’camp pembuangan’. Buku harian Anne Frank pun difilmkan.

Lalu, apakah buku harian itu? Bagaimana menulis buku harian? Dan, apakah manfat buku harian?

Buku harian adalah buku yang memuat catatan peristiwa atau kejadian yang dialami setiap hari. Pasti, setiap orang akan mengalami seribu satu peristiwa atau kegiatan yang kita lakukan dari bangun tidur hingga ’berangkat tidur’. Pasti, ada beraneka ragam peristiwa atau kegiatan: suka-duka, gagal-sukses, bahagia-sengsara, cinta-benci, diterima-ditolak, dicari-dilupakan, dikagumi-dilecehkan, dipuji-dihina. Pasti, tidak semua peristiwa atau kejadian diabadikan dalam buku harian.
Diterbitkan di: 25 Nopember, 2011

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2232536-anne-frank/#ixzz1gHB2wG3X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI : 104 PAHLAWAN NASIONAL ROBERT WOLTER MONGISIDI

Robert dilahirkan di Malalayang< Manado,   anak ke-4 dari Petrus Mongisidi dan Lina Suawa,   14 Februari 1925. Panggilan akrab Robert...