Minggu, 11 Desember 2011

Anda Luar Biasa

Anda Luar Biasa, oleh Eni Kusuma, Cetakan I, 2007, Fivestar Publishing, 154 +xix: 978-979-1 5887-0-6

Sesuai dengan judulnya, memang buku yang Luar biasa. Betapa tidak? Eni Kusuma tidak berpendidikan tinggi. Semasa kecil pemalu, minder, dan gagap. Bukan dari keluarga berada dan berpangkat. Rumahnya pun di pinggiran Banyuwangi. Bau ‘anyir sampah’ menjadi ‘parfum’ setiap tarikan napas. Selepas SMA Megeri 1 Banyuwangi, melamar pekerjaan di kota kelahirannya demi mengangkat perekonimian keluarga. Namun, tak ada yang memperhatikan. Bahkan, cemooh yang Eni Kusuma peroleh.

Eny pun berketetapan untuk menjadi TKW. Hongkong sebagai pilihan untuk mengubah nasibnya. Pada awal sebagai ‘pembantu rumah tangga ’ yang ‘seabreg’ pekerjaan, cemooh, gertakan, kemarahan,hinaan menjadi bagian hidup Eny. Dan, “Dasar Indonesia goblok!” memicunya untuk bangkit: meski hanya pembantu harus mampu tunjukkan yang luar biasa pada majikannya.

Anda Luar Biasa, adalah bukti bahwa ‘pembantu rumah tangga’ dapat berprestasi dan dikenal dunia. Buku setebal 154 halaman itu diawali dengan ucapan terima kasih Eni Kusuma kepada pendiri webside Pembelajaran.Com yang juga motivator ternama dan penulis buku-buku bestseller Andrias Harifa, Motivator Andrie Wongso, Tung Desem Waringin, Andrew H., sera sederet motivator, penulis, pemimpin redaksi, bahkan sastrawan yang telah menjadi “guru” Eni Kusuma baik dengan email maupun dengan milis. Pengantar buku ditulis oleh Jennie S.Bev, penulis buku Rahasia Sukses Terbesar, yang kini tinggal di San Fransisco Bay Area.

Setelah ‘ucapan terima kasih’ dan ‘pengantar’, Eni Kusuma mengantar dengan pendahuluan singkat. Di dalamnya terungkap bahwa sukses menjadi kerinduan hakiki setiap orang. Sukses merupakan ‘fokus pergumulan hidup manusia. Untuk mencapai sukses, setiap orang harus berjuang” mengisi otak” dengan “harapan dan cita-cita”. Eny Kusuma menempuh dengan menghabiskan waktunya dengan membaca. Membaca menjadi kebutuhan bagi ini hingga waktu istirahat sejak SD hingga SMA dihabiskan untuk ‘melumat isi buku’ yang ada di perpustakaan.

Anda Luar Biasa, terdiri atas 26 judul tulisan yang disusun sedemikian rupa sehingga sehabis membacanya, kita diyakinkan dan diteguhkan untuk selalu berubah, bertumbuh, berkembang, dan berbuah. Di awali dengan refleksi Jalur A dan Jalur B, Pilih Mana?, dan diakhiri dengan refleksi Revolusi Babu. Tidak yakin dan percaya? Bacalah Anda Luar Biasa sehingga sunguh-sungguh luar biasa.

Kelebihan Anda Luar Biasa karya ‘seorang pembantu rumah tangga atau babu’ yang hanya lulusan sekolah menengah atas tetapi pujian kita temukan di sampul depan dalam, sampul belakang luar dalam. Tidak hanya para motivator dan penulis buku bestseller (sekadar menyebut beberapa nama: Andrie Wongso, Tung Desem Waringin, Andrias Harefa), editor, sastrawan, pemimpin redaksi, pengusaha, psikolah, dan bahkan Konsul Penerangan Sosial Budaya, KJRI Hongkong menuliskan pujian.

Buku yang layak di baca oleh anak-anak muda yang sedang berproses merentang masa depan: Anda Luar Biasa!!
Diterbitkan di: 05 Desember, 2011

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2235913-anda-luar-biasa/#ixzz1gH9Gar1V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI : 104 PAHLAWAN NASIONAL ROBERT WOLTER MONGISIDI

Robert dilahirkan di Malalayang< Manado,   anak ke-4 dari Petrus Mongisidi dan Lina Suawa,   14 Februari 1925. Panggilan akrab Robert...