Minggu, 11 Desember 2011

Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern

Menghadirkan tokoh, dalam bidang apapun, adalah usaha untuk memahami kekhususan, daya hidup, daya juang, pemikiran-pemikiran, pengaruh, serta relevansinya dalam konteks hidup kini-sini. Dalam pergumulan dan pergulatan hidup, sadar atau tidak sadari, kita disituasikan dan dibentuk oleh kehadiran tokoh-tokoh dalam bidang apapun.

Buku Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern yang ditulis oleh Dr. Harry Hamersma, diterbitkan pertama kali tahun 1983, sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin mereguk pemikiran-pemikiran para filsuf pada abad XIX dan abad XX.

Terbadi dalam 3 bagian. Bagian pertama mengupas Filsafat Barat Zaman Modern terurai dalam 4 Bab. Pertama, Filsafat Zaman Barok dengan menghadirkan Rene Descartes, B. Spinosa, G, Leibniz, dan B. Pascal. Kedua, Filsafat Zaman Fajar Budi dengan menghadirkan J. Locke, G. Berkeley, B. Hums, J.J, Rousseau, dan I. Kant. Ketiga, Filsafat Zaman Romantik dengan menghadirkan J. Fichte, T. Schelling, dan G. Hegel. Keempat, mengupas Kekhususan Filsatar Zaman Modern dengan dua ciri khas yaitu antroposentrisme dan pembentukan subjektivitas modern

Bagian kedua merentangluaskan Filsafat Barat Abad XIX yang terurai dalam 4 bab. Pertama, Filsafat Perancis dengan menghadirkan tokoh A. Comte. Kedua, Filsafat Jerman dengan menghadirkan 5 tokoh: A. Schopenhauer, L. Feurbach, K. Marx, S. Kiergegaard, dan F. Nietzche. Ketiga, mengupas Filsafat Anglosaksen dengan menghadirkan 2 tokoh H. Spencer dan W. James. Keempat, spesifikasi filsafat abad XIX.

Bagian ketiga membahas Filsafat Barab Abad XX yang terurai dalam 4 bab. Pertama, mengupas filsafat Perancis abad XX dengan menghadirkan dua tokoh yang sangat berpengaruh hingga kini yaitu H. Berson dan J.P. Sartre. Kedua, mengupas peran filsafat Jerman dengan menghadirkan tiga tokoh yang sangat berpengaruh pada abad XXI ini yaitu E. Husserl, K. Jaspers, dan M. Heidegger. Ketiga, mengupas filsafat Anglosaksen dengan menghadirkan A.N. Whitehead, B. Russel, dan L. Wittgenstein.

Keistimewaan Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern, pembahasan setiap tokoh selalu dilengkapi dengan biografi singkat, karya-karya yang dipublikasikan, pokok-pokok pemikiran, serta pengaruhnya dala kehidupan hingga kini. Demikian juga penghadiran konteks social, politik, ekonomi yang berkembang sehingga semakin membantu pembaca memahami peran tokoh.

Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern, sangat penting dan perlu bagi mereka yang ingin belajar filsafat.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/philosophy/2237133-tokoh-tokoh-filsafat-barat-modern/#ixzz1gH89bqCa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI : 104 PAHLAWAN NASIONAL ROBERT WOLTER MONGISIDI

Robert dilahirkan di Malalayang< Manado,   anak ke-4 dari Petrus Mongisidi dan Lina Suawa,   14 Februari 1925. Panggilan akrab Robert...