Minggu, 11 Desember 2011

Solusi Jitu: Evaluasi dan Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia

Selama ini, sekolah menjadi dunia yang ideal, sedangkan hidup dan kehidupan yang dialami siswa adalah kenyataan, Untuk memberikan jembatan antara dunia ideal sekolah dan kenyataan kehidupan itulah buku evaluasi dan kompetensi ini hadir. kehadirannya diharapkan dapat mengisi ruang dan jarak antara dunia sekolah dan kenyataan hhidup sehingga sekolah menjadi dunia utuh bagi siswa-siswi.

Itu sebabnya, siswa-siswi perlu menyadari bahwa Bahasa memungkinkan manusia untuk saling berhubungan, saling berbagi pengalaman, saling belajar, dan untuk meningkatkan kemampuan intelektual dan kesastraan. Pembelajaran Bahada dan Sastra Indonesia harus dirancang sedemikian rupa sehingga para siswa: (1) menghargai dan membanggakan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara;(2) memahami Bahasa dan Sastra Indonesia dari segi bentuk, makna fungsi, serta dapat mengekspresikan dalam berbagai bentuk, tujuan, situasi, dan keperluan; (3) memiliki kemampuan menggunakan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan kematangan sosial

Seri Buku Evaluasi dan Kompetensi Bahasa dan Sastra Indonesia SMA &MA kelas X, kelas XI, dan kelas XII disusun berdasarkan kurikulum 2006 dengan rincian MENYIMAK-MEMBACA-BERBICARA-MENULIS-BERSASTRA.

Penggunaan gambar atau foto pada setiap bagian dimaksudkan mengantarkan siswa-siswi pada peristiwa, reslitas, kegiatan, pengalaman yang sudah, sedang, dan akan terjadi. Tersusun dalam kerja mandiri dan kerja kelompok diharapkan buku ini memberdayakan-mencerdaskan para siswa.

Lima ranah yang terjamah dalam proses pembelajaran: ranah pancaindera, ranah nalar, ranah afeksi, ranah imajinasi, dan ranah identifikasi.
Diterbitkan di: 01 Nopember, 2011

Sumber: http://id.shvoong.com/books/dictionary/2224931-solusi-jitu-evaluasi-dan-kompetensi/#ixzz1gHDLv4Dj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

REFLEKSI : 104 PAHLAWAN NASIONAL ROBERT WOLTER MONGISIDI

Robert dilahirkan di Malalayang< Manado,   anak ke-4 dari Petrus Mongisidi dan Lina Suawa,   14 Februari 1925. Panggilan akrab Robert...